bahasa paling sulit di dunia

 

Kini teknologi semakin berkembang di berbagai negara. Hal tersebut memengaruhi  mudahnya komunikasi antarnegara melalui media sosial. Dari pertukaran komunikasi itu, muncullah semangat untuk mempelajari bahasa baru. Tahukah Anda apa bahasa paling sulit di dunia?

Contoh bahasa yang sulit dipahami bagi  masyarakat Indoensia adalah bahasa Jepang atau Mandarin. Bahasa tersebut memiliki pelafalan berbeda serta sistem penulisan yang lebih rumit. Namun, ternyata ada banyak bahasa asing lain yang termasuk susah untuk dipelajari, lo. Pruf Ritz akan menjabarkan beberapa di antaranya .

Bahasa Romani (Romawi)

Bahasa Romani atau Romawi adalah bahasa Indo-Arya yang digunakan sebagian besar masyarakat Romani. Bahasa tersebut dibagi lagi menjadi tujuh jenis dengan akar yang sama. Bedakan antara bahasa Romani dengan bahasa Roman atau Romans. Contoh bahasa Roman adalah bahasa Prancis, Spanyol, Portugis, Rumania, dan Italia.

Pengguna bahasa Romani ini disebut sebagai penutur gipsi dan gitano Spanyol. Diperkirakan sekitar dua setengah juta penutur kini tinggal di Afrika Utara dan Asia Barat. Sisa penutur asli  ada yang tersebar di Amerika Serikat serta Brazil. Bahasa Romani memiliki tingkat kesulitan di bidang pelafalannya dan dialek yang sangat beragam.

Bahasa Mandarin

Mandarin adalah bahasa yang kini  digunakan banyak orang, tetapi sesungguhnya termasuk bahasa yang sulit dipelajari. Sistem penulisan hanya menggunakan karakter kanji inilah yang menjadi salah satu penyebabnya.

Bagi penutur bahasa yang terbiasa dengan huruf latin, maka butuh usaha kuat untuk menghafal ribuan karakter kanji. Dalam pengucapan pun, bahasa Mandarin mempunyai beberapa dialek. Setiap dialek berbeda juga mengharuskan pembelajar untuk menghapal karakter kanji yang tidak sama.

Bahasa Paraguay

Belajar bahasa Paraguay sangat menantang meskipun Anda menguasai bahasa Spanyol. Bahasa ini termasuk sulit karena ada dua jenis bahasa yang digunakan dalam penggunaannya dan saling berkaitan.

Sebagian besar masyarakat Paraguay menggunakan bahasa Guarani. Bahasa tersebut adalah bahasa tradisional Paraguay. Salah satu contoh alasan bahasa ini sulit dipelajari adalah karena tidak jelas di mana peletakan Subyek dalam Subyek-Predikat-Obyek. Selanjutnya, meski disebut jika bahasa Spanyol juga digunakan di Paraguay, penutur harus memahami bahasa Guarani agar bisa mengerti dialek bahasa Spanyol Paraguay. 

Bahasa Arab

Bahasa Arab termasuk bahasa yang memiliki banyak aksen berbeda berdasarkan negara atau daerah. Bahasa Arab di sebuah negara bisa jauh berbeda pelafalannya di negara Timur Tengah lainnya. Penulisan hurufnya pun tidak menggunakan abjad. 

Pengucapan bahasa Arab juga cukup menantang. Selain itu, tata bahasa yang digunakan dalam bahasa ini cukup rumit karena kata kerja cenderung mendahului subyek. Anda harus mempelajari bentuk kata ganda, tunggal, dan jamak.

Bahasa Rusia

Bahasa Rusia menggunakan aksara Sirilik atau iril yang berbeda dengan abjad yang kita kenal. Aksara Sirilik terlihat mirip dengan huruf Latin, tetapi ada perbedaan dari segi pelafalan dan penyusunan kata. Contohnya, huruf “B” dalam aksara Sirilik akan dibaca “V”. Ini akan sangat membingungkan jika Anda belajar huruf Latin dan Rusia secara bersamaan. 

Dalam pengucapan bahasa Rusia, penutur juga dituntut untuk jeli dalam mengucapkan kosakatanya. Kejelian ini termasuk ketika Anda baru belajar. Abjad yang sangat mirip dengan pelafalan berbeda membuat Anda harus belajar dengan tekun dan latihan setiap hari.

bahasa paling sulit di dunia

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang memiliki tiga sistem penulisan antara lain hiragana, katakana, dan huruf kanji. Huruf kanji Jepang mempunyai perbedaan dengan Mandarin meski ada banyak karakter yang punya arti sama. Jika Anda ingin membedakan huruf kanji Jepang dengan Mandarin, lihat apakah ada huruf hiragana serta katakana yang mengikuti.

Tata bahasa Jepang sangat banyak. Dengan lima level kesulitan dari N5 sampai N1 (Noryokushiken Level 5 sampai 1), bahasa Jepang juga punya ratusan tata bahasa (bunpo) yang harus dipahami dari segi konteks. Contoh lainnya adalah penggunaan katakana untuk mengeja kata serapan dari luar Jepang. Masyarakat Jepang tidak mengenal konsonan dalam bahasanya sehingga ketika menyerap bahasa asing menggunakan katakana, maka logatnya pun bisa jauh berbeda.

Inilah 6 bahasa paling sulit di dunia yang perlu Anda ketahui. Sudah punya keinginan untuk mempelajari salah satu bahasanya? Jika Anda tidak punya waktu dan ingin memahami sebuah dokumen dari keenam bahasa tersebut, silakan hubungi tim Pruf Ritz untuk menerjemahkannya. Selamat belajar!

 

Leave a comment