membuat artikel pemasaran

 

Membuat artikel pemasaran termasuk dalam bagian dari content marketing. Content marketing atau konten promosi merupakan salah satu cara yang umum digunakan dalam proses pemasaran suatu produk. Konten ini dapat berupa tulisan, gambar, suara ataupun video yang sedikit banyak membahas tentang jenama Anda baik secara langsung ataupun secara tersirat (softselling).

Artikel pemasaran adalah salah satu jenis konten promosi yang berupa artikel pendek. Biasanya, tulisan ini diterbitkan melalui media seperti website, forum diskusi atau media penerbitan lainnya. Adanya artikel pemasaran bertujuan untuk membuat audiens lebih mengenal jenama kita hingga bisa menggaet audiens  menjadi customer kita.

Untuk menyusun artikel pemasaran berkualitas, simak penjelasan dari Pruf Ritz di bawah ini.

Tentukan Niche yang Sesuai

Pastikan topik pembahasan dalam artikel relevan dengan bisnis Anda. Awali dengan riset target pasar seperti siapa saja targetnya, apa saja yang mereka sukai, apa saja yang dibutuhkan, berapa usianya dan di mana saja lokasi mereka berada. Hal ini bisa membantu kita menentukan berbagai hal, contohnya gaya bahasa yang akan digunakan dalam artikel pemasaran nantinya.

Anda juga bisa menyiapkan beberapa kategori artikel, misalnya jika kita memiliki bisnis Layanan Penerjemah. Terdapat kategori pembahasan tentang tips dan trik berbahasa asing, pengetahuan tentang bahasa atau negara, dan tips menulis di dalam situs bisnis Anda. Pastikan kategori artikel tetap berhubungan dengan niche utama bisnis.

Siapkan Outline Artikel

Cara termudah untuk menulis artikel yang padat informasi adalah mengawalinya dengan menyusun outline. Menyusun outline sebelum menulis artikel bisa membantu kita untuk menyampaikan maksud dengan lebih baik. Outline bisa berupa poin-poin yang akan dibahas dalam artikel. Dengan cara ini, alur tulisan Anda menjadi lebih tertata.

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan judul yang membuat audiens terpancing untuk membaca artikel lebih lanjut. Menentukan judul juga bisa lebih mudah jika sudah memiliki outline artikel karena kita bisa mengambil judul dari inti pembahasan dalam outline tersebut.

Perhatikan Kualitas Artikel

Artikel yang baik tidak selalu artikel yang memiliki panjang ribuan kata. Kebanyakan orang malas membaca artikel terlalu panjang sehingga Anda perlu memastikan artikel pemasaran yang akan diterbitkan sudah sesuai topik pembahasan dan padat informasi. Sertakan hasil penelitian yang sudah ada sebagai bahan pendukung artikel kita jika diperlukan. 

Tidak hanya informatif, Anda juga bisa membuat artikel promosi menjadi lahan untuk diskusi audiens. Menurut survei Hubspot, sebuah perusahaan pengembang perangkat lunak pemasaran, sebuah konten yang membuat pembacanya merasakan ikatan emosional tertentu cenderung lebih mudah diingat dan dibagikan. 

Salah satu cara membentuk ikatan emosional dan interaksi adalah dengan menanyakan pendapat audiens di akhir paragraf. Hal ini bisa memancing orang untuk berkomentar dan berinteraksi di halaman artikel. Selain itu,  mereka akan lebih mengingat konten Anda karena audiens sudah berkomentar, peringkat situs pun bisa dinilai lebih baik oleh mesin pencarian karena dianggap lebih aktif. 

Maksimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Mesin pencarian seperti Google memiliki algoritmanya sendiri. Jika Anda ingin artikel promosi yang ditulis berada di halaman pencarian paling depan, maka Anda perlu melakukan optimasi SEO. Lakukan riset keyword dengan bantuan tools yang ada di internet.

Alat untuk mencari kata kunci (keyword) tidak harus berbayar. Gunakan Ubersuggest dan Google Trends untuk mencari kata kunci yang tepat. Temukan kata kunci yang peluang pencariannya tinggi, kemudian sisipkan kata kunci tersebut dalam artikel promosi Anda. Dengan melakukan riset keyword yang tepat, artikel pemasaran akan lebih mudah ditemukan oleh audiens karena meningkatkan peluang artikel Anda berada di halaman pertama mesin pencarian. 

Tentukan Cara Mempromosikan Artikel

Setelah artikel jadi dan dipublikasikan, selain mendapatkan pembaca dari hasil search engine, Anda juga perlu mempromosikannya agar lebih banyak audiens terjaring. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah promosi via media sosial jenama Anda. Anda juga bisa membagikannya melalui broadcast surel pemasaran (Email marketing). Tuliskan sedikit deskripsi tentang artikel yang dipromosikan, kemudian sertakan tautan ke website agar audiens lebih mudah membaca artikel selengkapnya. 

Inilah lima cara membuat artikel pemasaran menarik untuk bisnis Anda. Jangan lupa untuk memasukkan unsur copywriting memikat. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam menyusun copywriting ataupun copy editing, hubungi tim Pruf Ritz. Kami bisa membantu Anda membuat copywriting yang lebih berdampak dan profesional.

(Baca Juga: Cara Menulis Tinjauan Pustaka)

Leave a comment