email marketing

 

Email Marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang umumnya berisi pesan kampanye atau informasi produk untuk dikirimkan ke kontak pelanggan. Kontak pelanggan ini bisa diperoleh dari subscribe website kita atau pembelian produk sebelumnya. Pesan ini memiliki beberapa jenis sesuai tujuannya, yaitu untuk menginformasikan mengenai event bisnis kita, mengingatkan pembayaran, mengirimkan penawaran terbaru dan sekedar membagikan informasi atau bacaan rutin pada pelanggan. 

Mengirim email marketing ke kontak pelanggan dapat dilakukan dengan bantuan perangkat lunak (software) mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar, contohnya Optim Monster, Sumo, dan Mailchimp. Apabila promosi melalui email marketing dilakukan secara efektif, maka dapat meningkatkan penjualan bisnis kita.

Berikut 4 cara jitu dari Pruf Ritz untuk mendapatkan penjualan dari email marketing:

Buat Subjek Email yang Menarik 

Hal pertama yang dibaca dari sebuah email adalah subjek atau judul email. Jika judul yang ditulis terlalu general, bisa jadi para pelanggan tidak akan membuka apalagi membaca email tersebut. Berikan sentuhan copywriting yang memikat pada subjek pesan.

Berikut beberapa jenis subjek yang bisa mengundang pelanggan untuk membaca isi email:

  • Menuliskan keuntungan atau reward menarik yang pasti diperoleh penerima email.
    Contoh: BEST DEAL! Diskon 40% Hanya Untuk Kamu! Cek Selengkapnya di isini
  • Subjek yang secara langsung menjelaskan inti pesan.
    Contoh: Sudah Tonton Film Mencuri Raden Saleh? Ini Pelajaran 3 Bisnis yang Bisa Kamu Petik!
  • Membuat orang merasa rugi jika sampai melewatkan isi pesanmu.
    Contoh: Ikuti Webinar “Hadapi Resesi dengan Tenang” GRATIS dengan Para Ahli Keuangan. Daftar Sekarang Juga!
  • Subjek yang memancing emosi pelanggan dan membangkitkan rasa penasaran.
    Contoh: Bisnismu akan Bangkrut Jika Tetap Melakukan 3 Hal Ini
  • Selipkan angka statistik untuk membuat pembaca merasa penasaran.
    Contoh: 30% Orang Indonesia Merasa Kurang Memahami Financial Planning, Apakah Kamu Salah Satunya?

Tulis Pesan Seakan-akan Hanya Mengirim Pada Satu Orang

Email yang isi kontennya lebih personal cenderung lebih menarik dibaca oleh penerimanya. Meskipun pada kenyataannya email yang kita kirimkan akan diterima banyak orang, tetapi menggunakan gaya bahasa yang tepat dapat membuat pesan kita terasa ditulis dan dikirimkan hanya kepada satu orang saja.

Hal ini bisa dimulai dengan menyelipkan nama pelanggan dan kata ganti yang sesuai. Misalnya, lebih baik menggunakan kata ‘Kamu’ atau ‘Anda’ dibandingkan kata ‘kalian’. Selain itu, kita juga bisa mengirimkan pesan atau penawaran khusus di setiap hari ulang tahun pelanggan sehingga mereka merasa lebih diingat dan diperhatikan secara personal.

Lakukan Segmentasi Audiens

Segmentasi email marketing menjadi salah satu cara menyeleksi target market secara lebih sistematis. Mengirimkan pesan yang tertarget akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan mengirimkan pesan dalam lingkup besar tanpa tujuan market yang jelas.

Lakukan pengelompokan pelanggan yang memiliki kesamaan tertentu. Misalnya, berdasarkan usia, gender, atau wilayah. Hal ini juga memudahkan kita membuat konten yang relevan untuk dikirimkan kepada pelanggan. Contohnya, untuk pelanggan dengan rentang usia 21-30 tahun, gaya bahasanya lebih santai dan lebih menyukai pembayaran digital. Hal ini pasti memiliki perbedaan dengan pelanggan rentang usia lainnya. Buatlah beberapa pesan yang berbeda sesuai dengan segmentasi yang sudah dibuat.

 

email marketing

Jangan Melakukan Spam Email

Pelanggan bisa merasa kesal jika menerima email marketing kita terlalu sering. Jangan lupa aktifkan fitur frequency capping untuk membatasi jumlah pesan yang akan diterima pelanggan dalam jangka waktu tertentu.

Terdapat juga kemungkinan lain email marketing yang kita kirimkan dianggap spam oleh sistem email penerima sehingga bisa secara otomastis masuk ke daftar spam dan kecil kemungkinannya untuk terbaca. Salah satu cara menghindarinya adalah pastikan kamu mendapatkan daftar email target audiensmu dengan cara yang benar, yaitu menyediakan menu subscribe pada website dan kirimkan email menggunakan domain yang sudah diverifikasi.

Menyusun email marketing yang memikat pasti membutuhkan beberapa sentuhan copywriting dan content writing yang menarik. Jika kamu membutuhkan bantuan dalam menyusun pesan penawaran, jangan ragu untuk hubungi tim Pruf Ritz yang sudah berpengalaman dan profesional dalam bidang copywriting dan content writing.

(Baca Juga:    Cara Membuat Artikel Pemasaran Berkualitas )

Leave a comment